Berita

Berita Properti Terkini

Melihat Peluang Investasi Properti di Batam

properti di batam

Griya Indonesia – Sebagai kawasan ekonomi khusus yang memiliki pertumbuhan properti tertinggi di Indonesia,  banyak investor dari dalam dan luar negeri saat ini berinvestasi properti di Batam.

Secara geografis kota Batam terdiri dari berbagai pulau yang indah, beberapa diantaranya terhubung menggunakan jembatan yang menghubungkan pulau satu dengan lainnya.

Perekonomian di kota batam didukung kuat oleh sektor pernaigaan serta didukung oleh sektor wisata. Lokasinya yang sangat dekat dari negara tetangga Singapura membuat kota Batam memiliki magnet ekonomi tersendiri yang berbeda dari pulau-pulau lain di Indonesia. Turis asing yang mengunjungi kota batam bisa menjapai 1,5 juta pertahun dan terus bertambah seiring pertumbuhan perekonomian, populasi dan pariwisata.

Tidak hanya Singapura, kota Batam juga sangat dekat dari kota Johor Bahru Malaysia. Dari Batam menuju Singapura hanya berjarak 30 menit menggunakan kapal Ferry. Sedangkan dari Batam ke Johor Bahru membutuhkan waktu 1,5 jam.

investasi batam

image credit : sinarmas land

Sebagai kota terencana, Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia. Ketika dibangun pada tahun 1970-an oleh Otorita Batam (saat ini bernama BP Batam), kota ini hanya dihuni sekitar 6.000 penduduk dan dalam tempo 40 tahun penduduk Batam bertumbuh hingga 158 kali lipat. Saat ini penduduk Batam berjumlah sekitar 1,2 Juta Jiwa

Investasi Properti di Batam

Salah satu faktor yang memicu kota Batam memiliki pertumbuhan ekonomi yang pesat adalah keringanan bebas pajak (PPN) yang diberlakukan bagi para pengusaha. Sebagai daerah yang telah ditetapkan sebagai Daerah Ekonomi Khusus tentu ini menjadi lokasi yang diminati banyak investor baik dari dalam maupun luar negeri.

Pembangunan properti kelas atas di Batam juga tak kunjung sepi justru bertambah banyak, salah satu diantaranya adalah Nuvasa Bay yang dikembangkan oleh Sinarmas Land sebagai salah satu pengembang terbesar di Asia yang telah meraih penghargaan MIPIM Asia 2016 Sebagai Best Future Mega Project pada ajang Asia Pacific Property Award.

Nuvasa Bay adalah kota baru yang dikembangkan di lahan seluas 228 hektar di Batam.Dalam pengembangannya, Nuvasabay akan dibangun banyak properti seperti residensial, hotel & resort, properti komersial yang terintegerasi dengan kawasan bisnis modern dan pusat ritel, pusat rekreasi, serta pusat kesehatan. Seluruh kawasan Nuvasa Bay akan dibangun dengan menjaga kelestarian alami yang telah ada dengan konsep ‘eco development’.

Produk pertama yang diluncurkan dari Nuvasa Bay adalah The Nove, sebuah kawasan residensial berupa 3 tower kondominium dan rumah tinggal (landed house) bergengsi yang terletak di pantai Nongsa (Nuvasa bay) yang berseberangan dengan Singapura. Desain dari The Nove dirancang oleh  Jason Pomeroy , arsitek ternama dari Singapura yang memiliki reputasi kelas dunia.

Pertumbuhan sektor properti di Batam naik dari 6,02% pada tahun 2015 menjadi 14% pada tahun 2016. Wajar saja, pada tahun 2016 jumlah ekspatriat dari negara lain yang bermukim di Batam mencapai 6000 jiwa sehingga peluang investasi di kota batam sangat menarik dan sangat potensial.

Penulis : Ramlan Hadiansyah | Real Estate Agent

wordpress theme jazzsurf.com